Bidang Ilmu yang
Berperan dalam Interaksi Manusia dan Komputer
ABSTRAK
Ilmu atau
pengetahuan atau kepaindaian adalah suatu bidang yang disusun secara bersistem
menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu
di bidang pengetahuan itu. Agar ilmu dapat berperan aktif, maka ilmu dimasukkan
di berbagai aspek kehidupan. Oleh karenanya ilmu berperan aktif dalam
pengembangan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Interaksi manusia dan computer (IMK) adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer
yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu
dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka
(interface). Tujuan utama
disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer : untuk mempermudah
manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang
ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.
Kata Kunci : Interaksi Manusia dan Komputer,
Psikologi kognitif, Agronomi, Intelegent buatan, human-computer interaction (HCL).
PENDAHULUAN
Pada tahun
1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga
dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik
perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai
memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu
keberhasilan dalam pemasaran produknya. Istilah human-computer interaction
(HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah
HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas,
tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.
BIDANG ILMU
Untuk
membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara
lain :
1)
Teknik
Elektronika dan Ilmu Komputer
Teknik
Elektronika menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia
komputer. Ilmu ini merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu
sistem interaksi mausia-komputer.
Ilmu
komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan
menstransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori,
analisis, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada
padanya. Bidang ini berperan memberikan kerangka kerja untuk dapat
merancang sistem human-computer
interaction (HCI).
2)
Psikologi
Kognitif
Psikologi
Kognitif adalah salah satu cabang dari psikologi yang
dikonsentrasikan untuk memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang
cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir
tentang suatu informasi, keahlian
mengontrol motorik, dan mengajukan model proses kognitif yang dapat memberikan
pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna (manusia).
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja
objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.
3)
Perancangan
Grafis, Desain dan Tipografi
Kemampuan
estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting
terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi
lebih fleksibel dan powerfull. Sebuah gambar
dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana
dialog yang cukup efektif antara manusia & komputer.
4)
Ergonomi
Ergonomi
merupakan ilmu yang menitikberatkan pada pembahasan mengenai manusia sebagai
elemen utama dalam suatu sistem kerja yang berhubungan dengan aspek fisik untuk
mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi
kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu,
kebersihan tempat kerja.
5)
Linguistik (Ilmu
Bahasa)
Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog
diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal
bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah, dan lain sebagainya.
6)
Matematika
Hubungan matematika
dengan interaksi manusia dan komputer adalah suatu contoh pembuatan software
haruslah efisien dalam perhitungan matematika. Jika suatu software bisa
dijalankan oleh semua orang yang baru belajar maupun pakar, unsur
kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software tersebut
disukai oleh banyak orang. Jika software menggunakan aspek matematika
secara efisien maka software tersebut dapat digunakan secara maksimal
dengan pengguna dan menghasilkan hasil yang optimal.
7)
Antropologi
Antropologi
adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat
suatu etnis tertentu. Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi
dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh
teknologi yang ada, antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke
dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh
tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
8)
Artificial Intelligence (Intelijen Buatan)
Intelijen
Buatan merupakan kecerdasan atau kemampuan dari manusia yang diterapkan pada
sebuah entitas buatan. Biasanya sistem seperti ini dikenal sebagai komputer.
Komputer pada awalnya digunakan hanya untuk melakukan operasi hitung. Namun
dengan berkembangnya pikiran manusia serta kecerdasan manusia, komputer dapat
melakukan kegiatan kegiatan yang bisa dilakukan oleh manusia.
9)
Philosophy
(Filsafat)
Philosophy
adalah studi tentang masalah umum dan mendasar, seperti yang berhubungan dengan
eksistensi ,pengetahuan ,nilai ,akal,pikiran ,dan bahasa sehingga dapat
berperan untuk memberikan landasan filosofik dalam memahami berbagi konsep bagi
penerapan interaksi manusia dan komputer.
10) Engineering (Teknik)
Teknik yaitu disiplin, seni, keterampilan, profesi dan
teknologi memperoleh dan menerapkan ilmu pengetahuan, matematika, ekonomi
pengetahuan, sosial, dan praktis, untuk merancang dan membangun struktur, mesin,
perangkat, sistem, bahan dan proses, dengan menguasai teknik-teknik yang dapat
digunakan dalam perancangan user interface agar lebih efektif. Suatu produk / program yang dibuat
membutuhkan petunjuk manual agar orang yang belum biasa menggunakan produk tersebut
bisa mempelajari lebih dahulu sehingga dapat terjadi interaksi yang baik antara
orang itu dengan komputer.
DAFTAR PUSTAKA
Waktu Akses Tanggal 24/09/2014, Pukul 11:03
Waktu Akses Tanggal 24/09/2014, Pukul 11:08
Waktu Akses Tanggal 24/09/2014, Pukul 11:14
4. http://dindrirahmad.blogspot.com/2012/03/hubungan-interaksi-manusia-dan-komputer.html#.VCJHI6OZ6dU
Waktu Akses Tanggal 24/09/2014, Pukul 11:25
Waktu Akses Tanggal 30/09/2014, Pukul 12:52
6.
Nurhayati, O.D, ST, MT,
Program Studi S1 Sistem Komputer
Universitas Diponegoro Interaksi Manusia dan Komputer.[pdf]. Tersedia
:http//okydn@undip.ac.id [10 Agustus 2014]
Waktu Akses Tanggal 10/08/2014, Pukul 09:15
Trima kasih BLog ini membantu saya dalam belajar HCI
BalasHapusMy Blog
Terimakasih kak artikelnya bermanfaat
BalasHapusMy blog
Terimakasih,,,artkelnya sangat membantu
BalasHapusMy blog